Durasi Pandemi Corona Akan Panjang, Komite Darurat WHO Ingatkan Resikonya

Durasi Pandemi Corona Akan Panjang, Komite Darurat WHO Ingatkan Resikonya

for-salecheapest-pricelasix.org – Tubuh Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan jika epidemi Corona akan panjang. Di pertemuan komite genting, komite menilai epidemi semasa enam bulan serta memperingatkan masalah risiko kritis ini.

Seperti dikutip dari AFP, Minggu (2/8/2020) komite itu “menyorot waktu panjang epidemi COVID-19 yang diperhitungkan ini”. WHO dalam pengakuannya mengingatkan efek “kecapekan dalam mengatasi Corona” sebab desakan sosial-ekonomi di beberapa negara.

Panel rapat yang diadakan pada Jumat (31/8) itu diadakan untuk ke-4 kalinya untuk mengulas Corona, 1/2 tahun semenjak maklumat genting kesehatan warga internasional (PHEIC) tanggal 30 Januari – tingkat sirene paling tinggi WHO.

“WHO terus memandang tingkat efek global COVID-19 jadi tinggi sekali,” tutur WHO dalam tatap muka itu.

Virus corona baru sudah tewaskan minimal 680.000 orang serta mengontaminasi minimal 17,6 juta orang semenjak epidemi itu tampil di China Desember 2019.

Tidaklah heran, panel, yang terbagi dalam 17 anggota serta 12 penasihat, dengan suara bundar sepakat jika epidemi masih adalah PHEIC.

Beberapa negara di dunia sudah menetapkan lockdown ketat dalam usaha untuk mengatur penebaran virus, yang menjerumuskan ekonomi ke kontraksi tajam.

Komite menekan WHO untuk memberi tutorial pragmatis mengenai manajemen COVID-19 “untuk kurangi efek kecapekan dalam memberi respon Corona dalam kerangka desakan sosial-ekonomi”.

Panel menekan WHO untuk memberikan dukungan beberapa negara dalam menyiapkan peluncuran therapy penyembuhan serta vaksin yang sudah dapat dibuktikan.

Baca juga : 2 Pesawat Tabrakan di Udara, 7 Orang Termasuk Anggota Parlemen AS Tewas

Komite menekan WHO untuk percepat riset berkaitan virus ini.

Awalnya, WHO terus mengatakan supaya dunia masih fokus hadapi epidemi virus Corona COVID-19. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan jika epidemi ini insiden langka yang efeknya dapat berasa semasa beberapa puluh tahun ke depan.

“Epidemi ini ialah kritis kesehatan sekali dalam seratus tahun. Dampaknya akan berasa semasa beberapa dasawarsa,” kata Tedros waktu buka tatap muka komite genting pada Jumat (31/7/2020), seperti diambil dari Reuters.

Leave a Reply