Konsulatnya Ditutup Amerika, China Ancam Akan Membalas

Konsulatnya Ditutup Amerika, China Ancam Akan Membalas

for-salecheapest-pricelasix.org – China menjelaskan cara Amerika Serikat untuk tutup konsulatnya di Houston, AS minggu ini sudah “benar-benar menghancurkan” jalinan serta mengingatkan “harus” membalas, tanpa ada menguraikan apakah yang akan dilakukan.

Washington pada Selasa (21/7) lalu memberikan China waktu 72 jam untuk tutup konsulatnya di Houston ditengah-tengah dakwaan mata-mata yang semakin makin tambah meluas, kenaikan kemelut yang menegangkan di antara dua ekonomi paling besar dunia itu.

Baca juga : Didemo Warga, Gubernur Rusia yang Ditunjuk Putin Ogah Mundur

Jubir Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin memvisualisasikan dakwaan AS itu untuk “fitnah jahat” serta menjelaskan cara “tidak logis” sudah “benar-benar menghancurkan” jalinan.

“China harus membuat respon yang dibutuhkan serta jaga hak-haknya yang resmi,” tuturnya, menampik mengatakan beberapa langkah apa saja yang kemungkinan diambil China.

“Ini merusak jembatan pertemanan di antara rakyat China serta AS,” imbuhnya seperti dikutip Reuters, Jumat (24/7/2020).

Media South China Morning Post memberikan laporan jika China bisa tutup konsulat AS di kota Chengdu di China barat daya. Sesaat satu sumber menjelaskan pada Reuters di hari Rabu jika China sedang memperhitungkan untuk tutup konsulat AS di Wuhan, tempat AS menarik staf pada awal epidemi virus Corona

Hu Xijin, editor tabloid Global Times China, menulis jika tutup konsulat Wuhan tidak cukup mengganggu. Hu menjelaskan Amerika Serikat mempunyai konsulat besar di Hong Kong serta “benar-benar jelas jika konsulat itu ialah pusat intelijen”.

“Serta bila China tidak menutupnya, China dapat memotong stafnya jadi seratus atau dua ratus. Ini akan membuat Washington sanga menanggung derita,” tulisnya.

Konsulat AS yang lain di China ada di Guangzhou, Shanghai serta Shenyang. Mengenai China mempunyai empat konsulat lain di Amerika Serikat – di San Francisco, Los Angeles, Chicago serta New York – dan kedutaan besar di Washington.

Awalnya, Presiden AS Donald Trump menjelaskan jika mungkin konsulat China yang lain bisa ditutup .

Leave a Reply