Pemerintah Aceh Terbitkan Maklumat Batas Jam Aktivitas Warga di Luar Rumah

Pemerintah Aceh Terbitkan Maklumat Batas Jam Aktivitas Warga di Luar Rumah

for-salecheapest-pricelasix.org – Pemerintah Aceh menetapkan jam malam sepanjang dua bulan untuk menahan penebaran virus Corona (COVID-19). Masyarakat cuma bisa melakukan aktivitas sampai jam 20. 30 WIB.

Ketetapan penerapan jam malam hari ini diambil Pemerintah Aceh bersama-sama faktor Forkopimda Aceh. Ada beberapa point yang ditata dalam maklumat yang ditandatangani Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al Haytar, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin, Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, serta Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Irdam.

Baca juga : Cegah Corona Meluas, MA Legalkan Sidang Pidana dengan Telekonferensi

Dalam maklumat itu, warga diharap tidak beraktivitas di luar rumah pada jam 20. 30 WIB sampai 05. 30 WIB. Saat masuk jam malam, masyarakat Aceh harus ada di dalam rumah semasing.

Disamping itu, maklumat mengendalikan pengelola pekerjaan usaha tidak buka warung kopi/kafe, tempat minum dan makan, pasar, swalayan, mal, karaoke, obyek wisata, tempat olahraga, serta angkutan umum pada aplikasi jam malam.

” Terkecuali buat angkutan umum yang layani keperluan inti warga, diperlengkapi dengan surat pekerjaan atau dokumen yang menerangkan kegiatan kerja, ” isi maklumat itu seperti diambil detikcom dari launching Pemerintah Aceh, Senin (30/3/2020).

Aplikasi jam malam hari ini berlaku semenjak Minggu (29/3) tempo hari sampai 29 Mei akan datang. Dalam maklumat itu disarankan bupati serta wali kota di Aceh lakukan pembinaan serta pengawasan pada entrepreneur serta warga pada aplikasi jam malam.

Kepala Tubuh Kesbangpol Aceh, Mahdi Efendi, menjelaskan, fakta penerapan jam malam itu sebab bertambahnya jumlahnya masyarakat Aceh dalam status orang dalam pengamatan (ODP) serta pasien dalam pengawasan (PDP). Disamping itu, di Serambi Mekkah juga ada lima masalah positif COVID-19 dan orang yang wafat sebab pandemi itu.

” Lewat penerapan jam malam itu diinginkan bisa jadi langkah penjagaan meluasnya penebaran virus Corona, ” jelas Mahdi.

Leave a Reply