Fakta-fakta ‘Petai’ Raksasa yang Bikin Geger di Banjarnegara

Fakta-fakta ‘Petai’ Raksasa yang Bikin Geger di Banjarnegara

for-salecheapest-pricelasix.org – Misteri ‘petai’ memiliki ukuran jumbo yang diketemukan masyarakat Desa Panawaren, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara pada akhirnya terkuak. Buah yang seperti dengan petai raksasa memiliki ukuran panjang 120 cm ini nyatanya namanya entada.

“Kami telah cek ke tempat, pohonnya berada di cagar alam Pringamba 2. Ini bukanlah petai, tetapi entada tipe liana atau tanaman menjalar,” kata Kepala Resort Konservasi Wonosobo BKSDA Jawa Tengah Adi Antoro pada detikcom, Selasa (24/3/2020) .

Entada itu nyatanya adalah tanaman menjalar. Walau masih satu ordo dengan petai, buah tanaman entada ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Berikut fakta-fakta tanaman seperti ‘petai’ raksasa itu seperti dikumpulkan detikcom:

1. Entada bukan untuk dikonsumsi
Tidak sama dengan petai, tanaman entada ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Tetapi, belumlah ada riset selanjutnya berkaitan buah yang diketemukan di wilayah Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara itu.

2. Mempunyai rasa pahit serta sengir

Baca juga : Selandia Baru Lockdown 4 Minggu, PM Ardern: Ini Akan Menyelamatkan Nyawa

Buah tanaman entada ini seperti dengan jengkol komplet dengan pelindungnya. Cuma isi buah ini berwarna putih. Menurut masyarakat yang pernah menggigitnya buah ini mempunyai rasa pahit serta sengir.

3. Mempunyai panjang sampai 120 cm
Buah seperti petai raksasa yang diketemukan masyarakat di Banjarnegara ini nyatanya mempunyai panjang sampai 120 cm. Ukurannya sampai lima kali lipat dari ukuran petai biasanya.

4. Diketemukan masyarakat di lokasi rimba lindung
Tanaman seperti petai raksasa itu diketemukan di rimba lindung Pringamba 2, Desa Panawaren, Banjarnegara. Tanaman entada ini tidak menyengaja diketemukan waktu salah seorang pemuda akan lakukan penanaman pohon di rimba lindung itu.

5. Termasuk juga tanaman langka serta akan dilestarikan

Kepala Resort Konservasi Wonosobo BKSDA Jawa Tengah Adi Antoro menjelaskan tanaman entada ini adalah tanaman langka. Karena, tidak semua lokasi rimba mempunyai tipe tanaman entada ini.

Leave a Reply