Cegah Kasus Impor Corona, Jokowi Pantau Kepulangan 3.000 TKI dari Malaysia

Cegah Kasus Impor Corona, Jokowi Pantau Kepulangan 3.000 TKI dari Malaysia

for-salecheapest-pricelasix.org – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyimak pulangnya WNI dari Malaysia untuk menghadapi bawa ‘kasus impor’ virus corona COVID-19. Jokowi memonitor ada 3 ribu pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia yang kembali pada Indonesia sehari-harinya.

” Arus kembalinya WNI dari beberapa negara, khususnya dari Malaysia, benar-benar perlu kita perhatikan sebab ini tersangkut dapat beberapa ratus ribu, dapat juta-an WNI yang akan pulang. Saya terima laporan dalam beberapa waktu ini, tiap hari ada kira-kira 3. 000 pekerja migran yang kembali dari Malaysia, ” kata Jokowi dalam rapat terbatas tentang perlakuan arus masuk WNI serta limitasi perlintasan WNA yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/3/2020).

Baca juga : Corona Bisa Tewaskan Hingga 200 Ribu Orang, Trump Perpanjang Masa Pembatasan

Selain itu, Jokowi menghadapi pulangnya anak buah kapal (ABK) asal Indonesia. Direncanakan ada 10 ribu sampai 11 ribu ABK asal Indonesia di luar negeri.

” Tidak hanya pekerja migran di Malaysia, kita harus menghadapi pulangnya dari beberapa crew kapal. Pekerja ABK yang berada di kapal. Prediksi kita kira-kira 10. 000 sampai 11. 000 ABK, ” katanya.

Jokowi menjelaskan, protokol kesehatan di lapangan terbang, pelabuhan, atau pos lintas batas negara (PLBN) tetap harus diperketat. Buat mereka yang tidak mempunyai tanda-tanda virus corona, karena itu dengan status untuk orang dalam pengamatan (ODP).

” Selanjutnya kemungkinan buat yang tidak ada tanda-tanda dapat dipulangkan ke wilayah semasing tapi statusnya ialah ODP, jadi setelah tiba di wilayah benar-benar kita harus jalankan protokol isolasi dengan cara mandiri dengan penuh disiplin, ” tutur Jokowi.

Leave a Reply