30 Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Mesir dengan Kondisi Baik

714d81d5-d7c5-45e5-8e1e-4e3395bacaf9

30 Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Mesir dengan Kondisi Baik

714d81d5-d7c5-45e5-8e1e-4e3395bacaf9

for-salecheapest-pricelasix.org – Team arkeolog Mesir dengan tidak menyengaja temukan 30 peti mati kayu kuno dengan mumi di dalamnya. Penemuan ini jadi yang paling besar dalam lebih dari satu era.

Dikutip Reuters, Minggu (20/10/2019), mumi ini diketemukan di Kota Luxor. Kementerian Purbakala Mesir menjelaskan peti mati kayu kuno ini diketemukan dalam suatu tempat persembunyian di pemakaman Al-Asasif di pinggir barat Luxor.

“Ini ialah peti mati-peti mati manusia besar pertama yang diketemukan semenjak akhir era ke-19,” kata Menteri Barang Antik Mesir Khaled El-Enany seperti diambil dalam satu upacara di Luxor.

Baca juga : Kisah TKW Hidup di Tengah Gejolak Politik Hong Kong

Peti mati yang diukir serta dicat dengan susah, berumur tiga ribu tahun, ditutup dengan mumi di serta ada dalam “keadaan pelestarian, warna, serta prasasti yang baik,” lebih pengakuan itu.

Pemimpin team penggalian, Mostafa Waziri, menjelaskan peti itu berisi imam pria, wanita, serta beberapa anak. Peti itu berasal datang dari era ke 10 SM dibawah kekuasaan dinasti Firaun ke-22.

Peti mati itu akan jalani pemulihan sebelum dipindahkan ke ruangan pameran di Museum Mesir Besar. Museum itu akan dibuka tahun kedepan di samping piramida Giza.

Penemuan ini ialah yang paling baru dari rangkaian penemuan besar peninggalan kuno yang Mesir yang diinginkan akan hidupkan kembali bidang pariwisata yang sudah terpukul oleh ketidakstabilan politik semenjak pemberontakan 2011 yang menjatuhkan Hosni Mubarak.

Awal bulan ini, Mesir mengeluarkan dua penemuan arkeologis di Luxor terhitung zone industri di Lembah Barat kota, dikenal juga jadi Lembah Monyet.

Leave a Reply