Walhi Desak Pemprov Riau Tingkatkan Status Darurat Asap

401a5bfc-989d-40f8-8a05-e09b10061cd1_169

Walhi Desak Pemprov Riau Tingkatkan Status Darurat Asap

401a5bfc-989d-40f8-8a05-e09b10061cd1_169

for-salecheapest-pricelasix.org – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menekan Pemprov Riau tingkatkan status kebakaran rimba serta tempat (karhutla) di Riau jadi genting asap. Sekarang status cuma waspada.

“Gubernur Riau saat ini harus selekasnya naikkan status genting asap. Dengan begitu, pemerintah akan membuat posko tempat pengungsian masyarakat dari musibah asap. Bila tidak dinaikkan, karena itu kita semacam ini terus. Tidak ada yang perduli rakyat telah sesak napas sebab asap,” kata Direktur Walhi Riau Made Ali pada detikcom, Jumat (13/9/2019).

Made mengatakan, sekarang, dengan status waspada karhutla, Pemprov Riau berkesan biarkan apa yang berlangsung tanpa penanggulangan musibah asap ke rakyatnya. Karenanya, ia menekan Pemprov Riau untuk selekasnya tingkatkan status itu.

“Jika status telah genting, karena itu rakyat yang terkena asap harus dievaluasi. Harus ada jalan keluarnya cepat, bukan seperti saat ini masalah asap dipandang remeh serta tidak ada kepedulian Pemprov Riau pada warga,” kata Made Ali.

Baca juga : Setujui Revisi UU KPK, Jokowi Dinilai Khianati Publik

Made menekan supaya selekasnya ada ruang spesial tanpa ada asap jadi tempat perlindungan masyarakat. “Saat ini rakyat perlu dimana tempat untuk dapat hirup udara tanpa ada asap. Ingin ke mana rakyat menelusurinya, tidak ada benar-benar jalan keluar yang diberi Gubernur Riau sekarang,” kata Made Ali.

Walhi menyorot Dinas Kesehatan Riau dibawah kendali Gubernur Riau Syamsuar yang dipandang tidak perduli dengan keadaan sekarang. Made memandang kapasitas Dinas Kesehatan Riau tidak jelas.

“Harusnya Dinas Kesehatan Riau telah berinisiatif membangun posko genting asap, mempersiapkan ruang spesial yang terlepas dari asap. Dinas Kesehatan Riau ini kelihatannya memandang musibah asap ini seperti tidak ada berlangsung sekarang. Kita bingung, kerja Dinas Kesehatan Riau apa ya coba,” tegas Made.

Sudah diketahui, ini hari asap karhutla sendiri telah masuk ke rumah masyarakat. Asap itu imbas dari karhutla yang makin meluas setiap harinya.

Leave a Reply