PM Malaysia Akan Surati Jokowi Soal Kabut Asap Kebakaran Lahan

index

PM Malaysia Akan Surati Jokowi Soal Kabut Asap Kebakaran Lahan

index

for-salecheapest-pricelasix.org – Pertama Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, akan mengirim surat pada Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), untuk mengutarakan kecemasan masalah kabut asap lintas-perbatasan. Surat ini akan dikirim ditengah-tengah sama-sama silang ke-2 negara berkaitan kebakaran tempat yang menyebabkan kabut asap.

Didapati jika kebakaran tempat menempa beberapa daerah Sumatra serta Kalimantan sepanjang lebih dari satu bulan paling akhir. Pemerintah Indonesia sudah mengerahkan beberapa ribu personil untuk mematikan kebakaran tempat, yang umumnya dipacu oleh kegiatan ‘pembersihan’ tempat untuk perkebunan.

Seperti dikutip Reuters, Jumat (13/9/2019), surat masalah kabut asap dari Mahathir untuk Jokowi ini diutarakan oleh Menteri Lingkungan Malaysia, Yeo Bee Yin, pada wartawan ditempat. Yeo Bee Yin menyebutkan surat akan diantar selekasnya.

“Saya sudah berdiskusi dengan Pertama Menteri serta beliau setuju untuk menulis surat pada Presiden Jokowi untuk menarik perhatiannya pada rumor kabut asap lintas-perbatasan,” papar Yeo Bee Yin.

Ditambah lagi Yeo Bee Yin jika kantor PM Malaysia sedang menyiapkan surat itu dana akan diantar dalam tempo dekat.

Dalam respon pada nota diplomatik Malaysia, otoritas Indonesia menyanggah jadi negara hanya satu yang mengakibatkan kabut asap di Malaysia. Menteri Lingkungan Hidup serta Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menjelaskan kabut asap yang berada di Malaysia tidak murni datang dari Indonesia. Ada sangkaan sumber kabut asap datang dari daerah Malaysia sendiri, yaitu Sarawak serta Semenanjung.

Baca juga : Dituduh Potret Bugil Istri Siri, Anggota DPRD Kab Malang dari PKB Menghilang

Menyikapi pengakuan Menteri Siti, Yeo Bee Yin memperjelas faksinya mendasarkan pengakuan pada data dari Pusat Meteorologi Spesial ASEAN, pusat penilaian cuaca — yang berkantor di Singapura — yang mencari ‘titik api’ untuk kebakaran rimba atau kebakaran tempat secara detail di ASEAN.

Disebut Yeo Bee Yin jika pada Kamis (12/9) waktu ditempat, cuma lima titik api yang terdeteksi di daerah Malaysia. Jumlahnya itu termasuk dikit, ucap Yeo Bee Yon, bila dibanding lebih dari 1.500 titik api yang terdeteksi di daerah Indonesia.

“Data dengan jelas tunjukkan jika kabut asap datang dari Indonesia,” tegasnya.

Efek dari kabut asap membuat beberapa ratus sekolah di Malaysia diliburkan serta seputar 1/2 juta masker muka diantar ke Sarawak minggu ini. Pemerintah Malaysia, tambah Yeo Bee Yin, menyiapkan pesawat untuk menanam bibit hujan bikinan.

Leave a Reply