3 Pimpinan KPK Serahkan Mandat ke Jokowi, Basaria Pilih Sampai Desember

index

3 Pimpinan KPK Serahkan Mandat ke Jokowi, Basaria Pilih Sampai Desember

index

for-salecheapest-pricelasix.org – Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan tidak mau ikuti ketetapan 3 pimpinan KPK yang lain yang menyerahkan amanat pengendalian KPK ke Presiden Jokowi. Basaria ingin bekerja sampai waktu jabatannya selesai pada Desember 2019.

“Saya terus sampai usai Desember. Sampai selesai tanggung jawab,” kata Basaria waktu diminta konfirmasi, Sabtu (14/9/2019).

Selain itu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sayangkan terdapatnya pengunduran diri Saut Situmorang serta penasihat KPK Tsani Annafari.

“Kok disayangkan bila ada petinggi KPK mengundurkan diri. Selesaikanlah dahulu pekerjaannya, kan tinggal tiga bulan ,” kata Alexander di Blitar.

Baca juga : Walhi Desak Pemprov Riau Tingkatkan Status Darurat Asap

Awalnya tiga pimpinan KPK yang solid menyerahkan amanat pengendalian KPK ke Jokowi yaitu Ketua KPK Agus Rahardjo, Laode M Syarif serta Saut Situmorang. Saut sendiri telah mengatakan mengundurkan diri dari KPK

“Kami pimpinan, yang disebut penanggung jawab paling tinggi di KPK, dengan berat hati di hari ini, Jumat, 13 September 2019, kami menyerahkan tanggung jawab pengendalian KPK pada Bapak Presiden RI. Kami menanti perintah,” kata Agus dalam temu wartawan Jumat (13/9).

Penyerahan amanat ke presiden berkaitan dengan tempat KPK dalam koreksi UU KPK. KPK merasakan tidak diikutsertakan dalam proses penggodokan koreksi UU KPK yang telah di setujui Jokowi.

Walau sebenarnya KPK menurut Agus Rahardjo ingin berjumpa dengan Jokowi untuk mengulas koreksi UU KPK.

Leave a Reply