Kritik Anggaran Mobil Menteri Rp 147 M, Roy Suryo Sarankan Sewa

ae05af0b-2514-4e05-9bb2-59fb67c2f959_169

Kritik Anggaran Mobil Menteri Rp 147 M, Roy Suryo Sarankan Sewa

ae05af0b-2514-4e05-9bb2-59fb67c2f959_169

for-salecheapest-pricelasix.org – Politisi Partai Demokrat Roy Suryo mengomentari penyediaan mobil dinas baru untuk menteri sejumlah Rp 147 miliar. Menurut dia, waktu jabatan menteri akan selesai pada periode tersendiri, hingga tidak membutuhkan mobil baru.

“Jika menurut saya wawasan pembelian mobil menteri atau bahkan juga saya dengar telah lelang beberapa beberapa ratus miliar ini kurang pas. Kurang pas sebab apa? Menteri itu ialah jabatan publik yang tidak lama sebetulnya waktu jabatannya,” kata Roy di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Roy yang akui jadi fans otomotif bercerita dianya memperoleh mobil sisa pendahulunya waktu memegang jadi Menteri Pemuda serta Olahraga (Menpora) di waktu kepemimpinan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia juga merekomendasikan supaya pemerintah memakai layanan rental untuk mobil dinas menteri.

“Buat saya benar-benar tidak worth it untuk beli mobil baru, lebih baik ialah memakai layanan rental. Rental, atau contohnya pemerintah menyewa saja. Toh, menteri itu terkadang pun tidak full waktu jabatannya. Ditambah lagi Pak Jokowi kan populer orang yang efektif, praktis begitu ya. Terkadang jika tidak pas dengan orang, bisa jadi mungkin kapasitasnya kurang bagus, ditukar,” sebut anggota DPR yang duduk di Komisi I itu.

Ia menjelaskan dengan memakai layanan rental, keuangan negara jadi lebih efektif. Diantaranya, kata Roy, pemerintah tak perlu menganggarkan uang perawatan.

Baca juga : Polisi Malaysia Larang Acara Apapun yang Tampilkan Ulama Zakir Naik

“Mobil rental itu efektif, pemerintah tak perlu keluarkan budget untuk perawatan, perawatannya diatasi oleh rentalnya, serta waktu pakainya terus dapat diubah atau dapat diperbarui,” tuturnya.

“Jadi pendapat saya, ditambah lagi ditengah-tengah keadaan krisis ekonomi saat ini, lebih baik pakailah rental, serta rental itu tidak ada ongkos perawatan, tidak ada kelak harus dilelang untuk di jual kembali, lebih efektif serta lebih mengirit ongkos negara,” tambah Roy.

Dikabarkan, beberapa menteri Presiden Jokowi akan memperoleh mobil dinas baru. Budget untuk penyediaan mobil ini lebih dari Rp 147 miliar.

Diambil dari situs sah Skema Service Penyediaan Dengan Elektronik (LPSE), Rabu (21/8), pemerintah sudah lakukan Penyediaan Kendaraan Menteri Negara/Petinggi Satu tingkat Menteri. Penyediaan ini diawali pada 19 Maret 2019 serta sekarang lelang tender itu telah usai.

Lelang tender ini dimenangkan PT Astra International Tbk-Tso pada harga Rp 147.229.317.000. Masih mengacu situs LPSE, sekarang semua tingkatan lelang tender telah teratasi oleh PT Astra, dari Pembuktian Kwalifikasi sampai Penandatanganan Kontrak.

Leave a Reply