Pemprov Kaltim Sodorkan 2 Wilayah Jadi Calon Ibu Kota RI

e997b8e8-ecb8-408b-9d34-3108f1254f3b_11

Pemprov Kaltim Sodorkan 2 Wilayah Jadi Calon Ibu Kota RI

e997b8e8-ecb8-408b-9d34-3108f1254f3b_11

for-salecheapest-pricelasix.org – Pemprov Kalimantan Timur (Kalimantan timur) menyodorkan 2 daerah jadi calon ibu kita negara Indonesia alternatif Jakarta. 2 daerah itu ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) serta Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dua tempat yang disiapkan jadi tempat ibu kota negara bersisihan dengan Kota Balikpapan yang infrastrukturnya cukup komplet serta ibu kota propinsi Samarinda. 2 daerah itu persisnya ada di Tahura Bukit Soeharto di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara serta Kelurahan Sotek di Kabupaten Penajam Paser Utara

“Dibandingkan tempat yang lain di Kalimantan, Kalimantan timur mungkin mempunyai kekuatan besar baik dari bagian geografis serta sumber daya yang dipunyai di samping kelengkapan infrastruktur yang sudah ada,” kata Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi di Samarinda, yang diambil dari Di antara, Rabu (31/7/2019).

Baca juga : Aksi Protes di Hong Kong Peringatan Bagi Taiwan Untuk Jauhi Komunis China?

Wakil Gubernur menjelaskan jika penentuan tempat ibu kota negara yang baru memerlukan kehati-hatian serta harus dikerjakan dengan memperhitungkan beberapa segi. Dia memberikan tambahan Pemerintah Kalimantan Timur menanti ketetapan pemerintah pusat tentang gagasan perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

“Kita tentu saja tidak lakukan upaya-upaya lobi supaya diambil jadi tempat ibu kota negara, sebab semua lewat penghitungan masak serta jadi hak pemerintah pusat,” jelas Hadi.

Suport Ibu Kota Negara dipindah ke Kalimantan timur hadir dari Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie. Ia menjelaskan, bila jadi dipindah ke Kalimantan timur,wilayahnya akan mendapatkan keuntungan sebab dapat jadi hinterland atau penyuplai keperluan buat ibu kota negara.

“Manfaatnya jadi penyuplai serta pemenuhan keperluan bahan makanan inti, daya, dan tempat produksi komoditi export,” kata Irianto Lambrie di tempat terpisah.

 

Leave a Reply