Yakin Prabowo Kalah di MK, Bara Hasibuan Bicara Rekonsiliasi

74e90f39-f211-4191-94b3-b9c5eb0f8561_169

Yakin Prabowo Kalah di MK, Bara Hasibuan Bicara Rekonsiliasi

74e90f39-f211-4191-94b3-b9c5eb0f8561_169

for-salecheapest-pricelasix.org – Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan meyakini bila Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan kalah dalam tuntutan di Mahkamah Konstitusi (MK). Bara lalu menyentuh masalah rekonsiliasi untuk mengobati ‘luka’ sepanjang kampanye.

“Jadi lihat alat bukti yang dipresentasikan sepanjang proses sidang MK, ketetapan MK esok saya fikir dapat diperkirakan. Dalam pengertian, tuntutan Prabowo-Sandi akan tidak diterima oleh Mahkamah Konstitusi,” tutur Bara di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

“Oleh karenanya kita akan melanjutkan langkah seterusnya mengatakan rekonsiliasi, mengobati beberapa luka sepanjang kampanye,” paparnya.

Menurut Bara, rekonsiliasi jadi prioritas serta karena itu PAN disebutkan akan memberi dukungan pemerintah. PAN akan selekasnya mengadakan rakernas (rapat kerja nasional) untuk memastikan arah politik partai berlambang matahari putih itu ke depan.

“Kami akan mengatakan sikap seterusnya buat PAN kan semua telah usai kan, serta kami kemungkinan akan lakukan rapat kerja nasional secepat-cepatnya untuk memastikan sikap politik PAN, the next logical tahap, beberapa langkah rasional seterusnya buat PAN jadi partai politik, apa yang kami dapat kerjakan untuk 5 tahun ke depan,” tuturnya.

Bara menerangkan diadakannya rapat kerja nasional PAN bukan lantaran partai itu tidak ingin ‘ketinggalan kereta’. Baginya, rapat kerja nasional yang dikerjakan saat keputusan MK ialah hal yang lumrah.

“Rapat kerja nasional dibikin sesudah ketetapan MK dipublikasikan suatu hal yang benar-benar normal. Ya seharusnya demikian. Jadi tidak cuma kita jangan-jangan kita tertinggal jika kereta itu akan pergi tinggalkan PAN. Bukan itu alasan intinya. Kongres itu sesuai agenda awal tahun kedepan, Januari 2020,” katanya.

Bara menolak akan dicap jadi pembelot bila benar PAN akan keluar dari konsolidasi Prabowo-Sandi. Menurut dia, saat keputusan MK, semua partai mempunyai otoritas untuk memastikan langkah seterusnya.

“Kami tidak lakukan apa-apa langkah seterusnya sebab kami menghargai proses di MK. Serta esok ketetapan akan dibacakan oleh beberapa hakim, serta itu sudah usai dengan official, dengan sah. Serta pasti partai yang terhimpun di konsolidasi mempunyai otoritas penuh, terhitung PAN, untuk memastikan langkah seterusnya,” sebut Bara.

Bara menyebutkan memang benar ada pembicaraan dalam internal partainya masalah arah politik PAN ke depan. Bara kembali mengatakan bila peluang PAN merapat ke tim Jokowi besar sekali. Waktu diberi pertanyaan apa sikap Amien Rais telah melunak, Bara tidak menjawab dengan jelas.

Baca juga : Karya Seni Rupa 20 Seniman Indonesia Pertama Kali Ditampilkan Bersama di Canberra

“Saya fikir kelak semua jika ketetapan itu diambil akan terima. Serta memang ini saya kemukakan seringkali, partai itu ingin besar pasti bermakna itu dengan lembaga tidak bergantung pada seseorang serta tidak dapat jika kita memutuskan kita harus terus-terusan berpikir apa seseorang ini akan senang ataukah tidak. Serta tidak dapat partai cuma dipakai jadi kendaraan pribadi,” papar Bara.

“PAN ialah partai yang lahir dari pergerakan reformasi. PAN harus tunjukkan partai yang berlainan yang benar-benar perjuangkan inspirasi, kami dibangun tidak cuma jadi kendaraan politik pribadi satu orang saja tetapi kami dibangun untuk perjuangkan beberapa ide Indonesia baru, reformasi, serta banyak tokoh PAN beberapa orang yang aktif di reformasi,” ujarnya.

Leave a Reply