Media Asing Ramai Beritakan Putusan MK Soal Sengketa Pilpres 2019

bf7da8fd-ab94-492d-a05a-ed67417942f0_169

Media Asing Ramai Beritakan Putusan MK Soal Sengketa Pilpres 2019

bf7da8fd-ab94-492d-a05a-ed67417942f0_169

for-salecheapest-pricelasix.org – Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menampik semua permintaan tuntutan hasil Pemilihan presiden 2019 yang diserahkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ramai diulas oleh beberapa media internasional. Seperti apa?

Seperti dirangkum dari beberapa sumber, Jumat (28/6/2019), media Inggris, The Guardian, membahas keputusan MK itu dalam artikel yang dikasih judul ‘Indonesian court rejects appeal against election result’.

“Mahkamah Konstitusi Indonesia menampik tuntutan yang diserahkan capres Prabowo Subianto, yang sepanjang beberapa bulan menuduh pemilu April lalu — diakali. Dalam persidangan maraton di Jakarta pada Kamis, panel sembilan hakim dengan bundar putuskan menantang bekas jenderal militer itu,” catat The Guardian dalam penjelasannya.

Media terpenting, Bloomberg, mengulasnya dalam artikel berjudul ‘Indonesia Court Rejects Appeal Against Jokowi’s Re-Election’. Dituliskan Bloomberg jika keputusan MK ini ‘mengakhiri ketidakpastian politik sepanjang beberapa bulan di demokrasi paling besar ke-3 dunia’.

“Mahkamah Konstitusi di Jakarta pada Kamis mencuplik minimnya bukti dalam menampik tuntutan Prabowo Subianto pada Komisi Penentuan Umum yang mengatakan Jokowi, demikian panggilan Widodo, jadi juara pemilu 17 April,” catat Bloomberg dalam artikelnya.

Keputusan MK ikut juga dibahas oleh media Arab Saudi, Arab News, yang berbahasa Inggris dalam artikel berjudul ‘Indonesian court upholds president’s re-election victory’.

“Kekacauan pemilu Indonesia yang panjang serta memisah-misahkan, yang sudah dikotori oleh kekerasan, dengan sah sudah selesai dengan keputusan dari Mahkamah Konstitusi yang buka jalan buat Presiden Joko Widodo untuk dilantik untuk waktu jabatan ke-2,” catat Arab News.

Media terpenting, Aljazeera, ikut mengulas perselisihan pemilihan presiden Indonesia dalam penjelasan yang berjudul ‘Indonesia: Court rejects opposition challenge to poll results’.

“Mahkamah Konstitusi memperkuat kemenangan Presiden Joko Widodo dalam pemilu April sesudah tuntutan diserahkan Prabowo Subianto,” catat Aljazeera dalam artikelnya.

Tidak tertinggal, media Australia, Sydney Morning Herald (SMH), membahas keputusan MK dalam artikel berjudul ‘After marathon hearing, judges rule on legal bid to overturn Indonesian election result’. SMH menulis jika pembacaan keputusan dikerjakan dengan maraton sepanjang hampir sembilan jam pada Kamis (27/6) tempo hari.

“Panel beberapa hakim dengan metodis mengandaskan argumen-argumen yang diserahkan team hukum Prabowo, menyebutkan umumnya alasan mereka ‘tak berdasar’ serta menanyakan integritas beberapa saksi dan bukti yang diserahkan,” catat SMH dalam artikelnya.

Media Singapura, The Straits Times, menyampaikan keputusan MK dalam artikelnya yang dikasih judul ‘Indonesia court upholds President Joko’s victory in April election’.

“Mahkamah menampik keseluruhnya tuntutan yang diserahkan calon yang kalah serta pasangannya, Sandiaga Uno, yang mengaku mereka dirampok dari kemenangan sebab terdapatnya penipuan yang ‘masif, tersusun serta sistematis’,” catat The Straits Times dalam artikelnya.

Baca juga : Prabowo-Sandiaga akan Nobar Sidang Putusan MK di Kertanegara

“Keputusan Mahkamah ini final serta mengikat, serta buka jalan buat Mr. Joko serta wapres pilihannya, Ma’ruf Amin untuk memegang pada Oktober,” tambah media Singapura itu.

Leave a Reply