Astronom Temukan Planet Raksasa Aneh “Hanyut” di Dekat Tata Surya

Astronom Temukan Planet Raksasa Aneh "Hanyut" di Dekat Tata Surya

Astronom Temukan Planet Raksasa Aneh “Hanyut” di Dekat Tata Surya

Astronom Temukan Planet Raksasa Aneh "Hanyut" di Dekat Tata Surya

for-salecheapest-pricelasix.org, Suatu planet raksasa diketemukan ” tenggelam ” sendiri di dekat tata surya kita. Planet yang besarnya 12 kali Jupiter itu ada cuma berjarak 20 tahun sinar dari Bumi.

Planet ini dimaksud tenggelam karena tidak memiliki orbit maupun menginduk ke satu bintang.

Objek itu pertama-tama diketemukan oleh beberapa astronom memakai National Science Foundation Karl G. Jansky Very Large Array (VLA) pada 2016.

Akan tetapi, temuan ini baru diterbitkan dalam Astrophysical Journal pada Kamis (02/08/2018).

Miliki Aurora

Kekhasan planet ini bukan sekedar karena terapung tanpa bintang induk, tetapi juga aurora bersinar dibagian atasnya.

Aurora itu berlangsung karena medan magnet yang kuat pada planet berwarna coklat itu. Kejadian ini serupa dengan aurora borealis di Bumi.

Bacalah juga : Siswi SMK Meninggal usai Latihan Gerak Jalan untuk Agustusan, Sempat Kejang-kejang di Sekolah

Medan magnet yang dipunyai objek bernama SIMP J01365663 + 0933473 200 kali semakin besar dari Jupiter.

” Objek spesial ini menarik karena pelajari sistem dinamo magnetiknya bisa memberikan kita wacana baru mengenai bagaimana sistem yang sama bisa beroperasi di planet ekstrasurya – planet diluar tata surya kita, ” papar Dr Melodie Kao, astronom dari Arizona State University diambil dari New Atlas, Senin (06/08/2018).

” Kami fikir sistem ini bisa bekerja bukan sekedar pada kurcaci cokelat tetapi juga planet gas raksasa serta terestrial, ” sambungnya.

Kurcaci Cokelat

Diluar itu, sebetulnya, objek ini kurang pas dimaksud planet.

” (Pengertian) objek ini ada pas diantara batas suatu planet serta kurcaci cokelat, ” bintang tidak berhasil “, serta memberikan kita beberapa surprise yang punya potensi menolong mengerti proses magnetik pada bintang serta planet, ” sambung Dr Kao dikutip dari The Independent, Senin (06/08/2018).

Arti kurcaci cokelat sendiri sebetulnya mengacu pada object yang susah digolongkan. Masalahnya object itu sangat besar untuk dipandang planet tetapi juga ukurannya belumlah cukuplah dipandang seperti bintang.

Karakteristik

Sesudah penilaian yang panjang, planet raksasa ini diprediksikan berusia 200 juta tahun. Objek ini dapat diprediksikan mempunyai suhu begitu panas, yakni 825 derajat Celcius.

Leave a Reply