Awas, Sebar Isu Telur Palsu Bisa Dipidana

Awas, Sebar Isu Telur Palsu Bisa Dipidana

Awas, Sebar Isu Telur Palsu Bisa Dipidana

Awas, Sebar Isu Telur Palsu Bisa Dipidana

for-salecheapest-pricelasix.org, Jakarta – Kepala Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, orang jadi tidak nyaman dengan gosip telur palsu yang lalu virus di sosial media.

Jendral bintang dua itu meminta orang-orang supaya tidak menebarkan info yang belum jelas.

Apalagi, Satgas Pangan sudah menyebutkan kalau tidak ada telur palsu yang beredar di market. Satgas Makanan juga sudah menguji telur dugaan palsu ke laboratorium. Akhirnya, telurnya asli.

” Walau tidak benar, tetapi kelihatannya makin banyak gosip telur palsu yang beredar di market begitu mengganggu, terlebih kondisi Kamtibmas, ” kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Bacalah juga : Ponsel Teman Tercebur Saat Swafoto, Bocah SMP Meninggal di Kolam Angsa

Setyo mengatakan, menebarkan gosip telur palsu di sosial media dapat dihukum dengan UU No. 19 tahun 2016 tentang Info dan Transaksi Elektronik (ITE). Sebab, penerbitan gosip yang belum pasti kebenarannya sama juga dengan penebarannya.

” Mungkin saja tunduk pada Pasal 28 ayat 1 (UU ITE), dia hadapi hukuman maksimal enam tahun dan denda Rp 1 miliar, ” tuturnya.

Walau polisi tidak segera mengadili penebaran telur palsu, melalui Satgas Pangan di daerah, Setyo memerintahkan langkah persuasif, yaitu hentikan penebaran beberapa gosip yang tidak bisa dihandalkan.

” Bila (persuasif) kita tidak ingin represif, kita juga akan cari info motifnya, artinya ada kecenderungan menggunakan sosial media yang tidak bijak, ” kata petugas yang menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri. .

Leave a Reply